Cara Kerja Dropship dan Tips Menjalankannya

Mei 25, 2019 | Bisnis Online

Jika Anda ingin memulai bisnis online maka dropship memang salah satu pilihan yang tepat. Sistem dropshiping memang sudah banyak yang menerapkannya, namun masih ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara kerja dropship. Mungkin termasuk Anda.

Dropship merupakan sistem pemasaran dimana penjual bisa langsung memasarkan produk dari supplier tanpa perlu menyediakan stok. Jika ada pembelian, penjual langsung meneruskan pembelian tersebut ke supplier agar segera dilakukan pengiriman.

Bentuk bisnis online yang mirip dropship adalah reseller, bedanya jika ingin menjadi reseller, Anda harus menyediakan stok barang dan mengirimkannya sendiri ke konsumen.

bagan cara kerja dropship

Contoh Kasus Cara Kerja Dropship

Agar lebih mudah membayangkan bagaimana sistem dropship tersebut, saya coba buatkan sebuah kasus bisnis dimana ada seorang mahasiswa yang ingin mulai usaha tanpa modal.

Katakanlah namanya si Fulan.

  1. Fulan mencari produsen atau supplier yang membuka peluang kerja sama dropship. Fulan kemudian mendaftarkan dirinya agar bisa mendapatkan akses sebagai member dropshiper (penjual yang menggunakan sistem dropship).
  2. Fulan kemudian membuat website sederhana menggunakan blogspot agar bisa memberikan informasi detail kepada konsumennya, termasuk cara pesan, konfirmasi dan cek resi. Kemudian Fulan membuat akun Instagram untuk mempromosikan produknya.
  3. Setelah aktif promosi di Instragram, Fulan mendapat pembeli pertamanya. Pembeli tersebut transfer ke rekening Fulan, kemudian memproses pesanan dengan meneruskan informasi pembeli ke supplier, seperti nama, no. hp dan alamat pengiriman dan juga meneruskan transfer ke supplier sesuai harga pokoknya.
  4. Suplier kemudian mengemas dan mengirimkan produk ke alamat pembeli menggunakan nama toko Fulan. Suplier juga mengirimkan nomer Resi ke Fulan untuk diinformasikan ke pembeli.

Kurang lebih seperti itu gambaran dari proses dropship.

Ada bebera hal yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis dropship.

  • Cari produk yang selalu dicari. Hindari produk musiman jika Anda serius ingin berbisnis. Carilah produk yang selalu dicari setiap bulan, setiap minggu, bahkan setiap hari. Gunakan marketplace untuk mencari produk yang paling banyak dibeli dan cek produk tersebut menggunakan Google Trend.
  • Pastikan supplier memiliki produk yang bagus. Produk yang bagus tentunya disukai konsumen, dan pembelian ulang biasanya terjadi. Abaikan jika supplier menawarkan harga murah namun kualitas produknya kurang berkualitas.
  • Hindari perang harga dengan penjual lain. Terkadang ketika mulai bisnis, kita takut tidak laku sehingga menawarkan harga murah ke calon pembeli, padahal harga murah itu relatif. Jika Anda bisa mengomunikasikan nilai produk dengan baik, maka harga bukan lagi masalah.

Bagaimana cara mencari supplier dropship?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier yang menerima sistem dropship, marketplace dan produsen lokal.

Pertama, marketplace. Beberapa penjual di marketplace Indonesia membuka peluang bisnis dropship seperti di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Anda bisa mencari produk, menghubungi penjual dan menanyakan apakah mereka membuka peluang dropship. Pastikan yang Anda cari penjual yang aktif, ramah dan memiliki reputasi baik.

Ada juga beberapa marketplace yang membuka peluang kerjasama dropship. Biasanya mereka sudah menyediakan template promosi yang bisa Anda gunakan.

Kedua adalah produsen lokal. Di sekitar tempat Anda tinggal, mungkin ada produsen rumahan yang memiliki produk bagus namun belum di-online-kan. Anda bisa mengajaknya bekerja sama dengan sistem dropship.

Tentu akan lebih mudah pengawasannya, karena produsen ada di dekat Anda. Jadi jika terjadi sesuatu bisa langsung ditemui.

Cara Kerja Dropship Sangat Mudah Dipahami, kan?

Memulai bisnis dengan sistem dropship sangat mudah, namun untuk sukses di dropship butuh waktu. Gunakan model bisnis ini sebagai cara Anda belajar berbisnis.

Tantangan menjual produk droship atau reseller adalah perang harga. Tentunya perang harga harus dihindari supaya keuntungan Anda optimal.

Caranya adalah jangan jual produknya, tapi jual diri Anda, toko Anda.

Tunjukan alasan kenapa konsumen harus membeli di Anda walaupun harganya tidak semurah yang lain.

Kecepatan dan keramahan layanan, varian produk dari supplier dropship yang berbeda, dan cara melakukan komunikasi pemasaran yang kreatif bisa menambah nilai jual Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat lain tentang cara kerja dropship, silahkan beri komentar dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This