Cara Mengelola Website Agar Ramai Pengunjung

Mei 18, 2019 | Bisnis Online

Pengunjung tidak datang dengan sendirinya ke website, mereka melalui beberapa proses untuk akhirnya menemukan situs Anda, menikmati konten yang ada dan memberikan respon.

Bisa dari materi promosi di media cetak dan online yang menyertakan domain, media sosial dan mesin pencari.

Khusus di artikel ini, saya ingin menyampaikan beberapa cara mengelola website yang perlu dilakukan agar berpotensi membuat website ramai pengunjung.

3 Cara Mengelola Website Versi Inpixel Studio

Jika Anda pengguna wordpress, maka artikel ini sangat pas. Tapi, jika Anda menggunakan platform CMS lain, atau mungkin membuat dari nol, tidak ada salahnya membaca sampai selesai karena saya akan menyesuaikan agar yang memiliki website selain wordpress bisa mengelola website sesuai panduan disini.

Baik, kita mulai ya..

Pertama, Pastikan website selalu update

Ada tiga jenis konten yang setidaknya perlu Anda perbaharui secara berkala, yaitu artikel di blog, halaman dan produk.

Jika Anda menggunakan wordpress dan terinstall plugin woocommerce, yang perlu diperbaharui adalah post, page dan product.

Perbaharui disini tidak harus membuat konten baru, tapi minimal diperbaiki seperti konten di halaman dan produk.

Untuk Artikel, wajib bagi pemilik website untuk menambah artikel secara rutin agar Google tau bahwa website Anda aktif, jika tidak, wajar bila situs Anda sulit muncul di Google.

Jika tidak mampu membuat artikel setiap hari, minimal seminggu tiga kali, atau dua kali seminggu, paling tidak setiap minggu ada artikel baru.

Tidak hanya website, media social yang Anda miliki juga perlu update berkala. Agar follower tau Anda masih aktif.

Skill yang perlu dipelajari adalah menulis artikel / copywriting dan SEO. Ilmunya tersebar di Internet. Anda bisa belajar gratis di internet, atau ikut kursus berbayar.

Kedua, Update Tampilan dan Fitur

Trend desain website berkembang seiring waktu, dan perilaku konsumen di Internet juga terus berubah. Anda perlu melakukan pembaharuan minimal satu bulan sekali terhadap website Anda.

Tidak harus pengubahan besar besaran, cukup memperbaiki broken link, menyesuaikan desain website sesuai trend, hingga menambahkan fitur yang diperlukan untuk meningkatkan performa website, seperti fitur chating, keamanan, kecepatan website, dll.

Untuk wordpress, pastikan wordpress, theme dan plugin selalu di update untuk menghindari peluang di hack. WordPress cukup rentan diserang, itu sebabnya platform tersebut selalu memperbaharui sistem untuk memperkecil celah diserang oleh hacker.

CMS lainnya juga perlu diupdate, seperti Joomla, Drupal, PyroCMS, Open Cart dsb. Begitu juga dengan website custom, seperti script HTML, CSS, PHP dan JS yang terus mengalami pengembangan.

Ketiga, Monitoring dan Evaluasi Statistik Situs

Sebagai pemilik website, apalagi tujuannya untuk bisnis, maka wajib membaca data statistic kunjungan website. Bukan hanya berapa orang yang mengunjungi, tapi juga berapa lama mereka menghabiskan waktu di website Anda, konten apa yang disukai, dari mana mereka berasal, bahkan sampai platform apa yang mereka gunakan.

tahapan cara mengelola website

Contoh Tampilan Statistik Google

Untuk mendapatkan statistic tersebut, yang sampai saat ini cukup detail memberikan informasi tersebut adalah Google Analytics, berlaku untuk semua platform, baik wordpress maupun custom.

Google memiliki script khusus yang dipasangkan di website, dari script tersebut Google membaca “jejak digital” pengunjung dan menyajikannya untuk Anda.

Dengan data tersebut, Anda bisa mengambil keputusan terbaik terutama dalam memperbaharui website, baik dari sisi konten maupun system.

Seperti misalnya, Anda mengetahui konten yang paling lama dibaca dibandingkan konten lainnya, maka Anda bisa memcoba untuk menyalin pola konten tersebut untuk konten berikutnya atau konten yang memiliki peluang serupa.

Inti dari Cara Mengelola Website di Artikel ini

Apa yang Anda lakukan terhadap website haruslah membuat Google (mesin pencari) dan konsumen menyukai Anda.

Google menyukai konten yang relevan dan memenuhi ketentuan SEO, dan juga website yang cepat. Begitu pula pengunjung Anda, mereka menyukai konten yang bisa menyelesaikan masalah mereka, bisa diakses dengan cepat, dan tentunya aman dari ancaman malware.

Jadi, setelah Anda menerapkan cara ini, maka perlahan website Anda mulai dikunjungi dan semoga setelahnya terjadi konversi.

Jika ada pertanyaan atau pendapat lain mengenai cara mengelola website, silahkan beri komentar dibawah dan silahkan bagikan ke tim Anda.

Pin It on Pinterest

Share This