Cara Menghasilkan Uang di Rumah Dengan Modal Minim

Mei 23, 2019 | Bisnis Online, Catatan Bisnis

Bekerja di rumah memang memiliki banyak keuntungan, salah satunya hemat waktu di jalan. Bayangkan jika harus berada dalam perjalanan penuh kendaraan. Polusi udara dan suara menguras energi tanpa disadari.

Selain banyak manfaat, memiliki usaha di rumah juga ada kurangnya, terutama jika Anda tidak biasa mengatur waktu. Waktu untuk bekerja kadang tercampur dengan waktu bercengkrama dengan Keluarga.

Maka Anda perlu mengantisipasi hal tersebut. Jika memang Anda sudah siap dengan konsekuensi yang dihadapi, maka artikel ini akan membantu Anda memberikan pilihan yang terbaik mengenai cara menghasilkan uang di rumah.

Kerennya adalah, bisnis yang akan dijabarkan hampir tanpa modal, jika harus keluar modal juga tidak sampai puluhan hingga ratusan juta.

Media sosial, website, blog dan marketplace adalah modal utama Anda. Cukup bermodalkan asset digital tersebut, Anda sudah bisa mulai berbisnis dari rumah setelah selesai membaca artikel ini.

Sudah siap?

Beberapa Cara Menghasilkan Uang di Rumah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, modal yang dibutuhkan adalah media sosial, website, blog atau marketplace. Tidak harus semuanya, itu tergantung dari model usaha yang dijalankan. Berikut beberapa cara menghasilkan yang yang bisa Anda coba saat ini.

Bisnis Online

Model bisnis online paling banyak dijalani oleh mahasiswa dan ibu rumah tangga, dimana Anda tidak perlu menyiapkan toko fisik untuk mulai jualan. Manfaatkan media sosial atau marketplace sebagai saluran distribusi produk Anda.

Beberapa cara ini bisa membantu Anda berbisnis online di rumah.

  • Menjual produk sendiri baik dalam bentuk barang atau jasa. Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat sesuatu yang bermanfaat, Anda bisa menjual produk sendiri. Tentunya peluang kompetisi lebih kecil dibanding menjual produk yang sudah ada dipasaran. Tantangannya Anda perlu waktu untuk melakukan aktivitas produksi.
  • Menjual produk orang lain dengan menjadi reseller atau dropshiper. Jika Anda cukup tidak memiliki banyak waktu untuk membuat produk sendiri, Anda bisa menjual produk orang lain. Agar tidak bersaing sesama reseller atau merusak harga pasaran, maka Anda perlu membangun personal branding, kenapa konsumen harus membeli produk tersebut kepada Anda, bukan ke reseller lain.
  • Memasarkan produk orang lain dengan affiliate marketing. Berbeda dengan reseller, dengan sistem pemasaran affiliasi, Anda hanya perlu memberikan rekomendasi kepada list, follower, atau teman Anda mengenai sebuah produk. Jika mereka akhirnya membeli karena rekomendasi tersebut, maka Anda mendapatkan komisis. Karena bersifat rekomendasi, jadi Anda tidak perlu memikirkan soal persediaan, pengiriman dan lain lain, cukup merekomendasikan.

Content Creator

Pekerjaan ini akan membuat Anda menjadi artis. Ya, artis di internet tentunya. Memiliki banyak pengikut akan membuat Anda dilirik oleh perusahaan yang ingin mengiklankan produk mereka. Dari sanalah konten creator mendapatkan uang.

Tidak mudah memang jika Anda masuk ke dunia tersebut, karena di awal Anda perlu meluangkan waktu untuk mengumpulkan pengikut melalui konten yang menarik. Ketika sudah saatnya, belasan hingga puluhan juta bisa Anda dapatkan dari iklan.

Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari membuat konten yang bisa Anda coba:

  • Menjadi selebgram. Jika Anda memiliki kemampuan dalam komunikasi visual, fotografi, atau cerita menarik yang menginspirasi, mungkin bisa mencoba membuat konten di instragram dan mengumpulkan fans atau komunitas sendiri.
  • Menjadi youtuber. Terkadang teks saja kurang cukup untuk mengekspresikan ide, perlu penyampaian lisan dan dikemas dengan visual yang menarik, Youtube bisa menjadi channel untuk membuat komunitas dan mendapatkan penghasilan dari iklan.
  • Menjadi blogger. Merupakan jenis content creator tertua, dimana blogger sudah ada sebelum facebook hingga saat ini masih eksis. Anda bisa membuat komunitas sendiri melalui blog atau website, dihimpun dalam sebuah email list atau keanggotaan.

Freelance

Jika Anda memiliki keahlian tertentu dan senang bereksplorasi dibidang tersebut, menjadi freelancer atau pekerja lepas bisa menjadi pilihan menghasilkan uang. Bermodalkan laptop dan jaringan internet, sudah bisa memulai membuka jasa berdasarkan keahlian Anda.

  • Membuka jasa desain grafis. Setiap bisnis membutuhkan media promosi yang menarik, tak jarang mereka mencari penyedia jasa desain grafis lepas dibanding mencari karyawan tetap. Anda bisa mengasah keahlian desain, mempelajari prinsip-prinsip komunikasi visual dan mengembangkan proses kreatif sendiri sebagai ciri khas jasa Anda.
  • Membuka jasa pembuatan website. Sama seperti desain grafis, penyedia jasa website dicari oleh belasan ribu orang setiap bulannya. Ini menjadi peluang bagi Anda yang memiliki keahlian dibidang pengembangan website. Anda juga bisa belajar cara membuat website menggunakan website builder atau cms.
  • Membuka jasa penulis lepas. Punya hobi membuat diary? Mungkin Anda bisa mencoba menuangkannya menjadi bisnis, dimana Anda membantu menuangkan ide dan gagasan menjadi tulisan yang bisa menyampaikan dengan baik maksudnya. Jasa penulis lepas juga dibutuhkan untuk membuat konten SEO.
  • Membuka jasa internet marketing. Salah satu yang sedang ramai dipelajari oleh UKM adalah internet marketing atau digital marketing. Strategi memasarkan produk melalui internet. Jika Anda suka membuat konten, mungkin Anda bisa mencoba membuatnya untuk orang lain dengan bayaran yang sesuai tentunya.

Kursus Online

Diluar negeri, kursus online adalah cara menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Luangkan waktu untuk membuat video pembelajaran, upload di marketplace, dan promosikan. Anda bisa mendapatkan peserta pelatihan berapapun tanpa mengeluarkan banyak waktu.

Banyak platform belajar online seperti SkillShare, Udemy dan Lyndia yang merupakan marketplace online course. Anda juga bisa membuat platform Anda sendiri seperti yang dilakukan Dewa Eka Prayoga dengan kursus Mahir Copywriting, Monster Affiliate dan Melek Finansial.

  • Membuka kursus akademik. Saat ini belajar online sudah mulai dilakukan oleh anak anak sekolah. Bahkan sudah ada platform online yang bisa menyalurkan kemampuan Anda mengajar, seperti RuangGuru.
  • Membuka kursus keterampilan. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, terutama kehalian tersebut menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, mungkin Anda bisa membuat kursus tersebut. Misalkan public speaking, kursus menulis, desain grafis, website dan sebagainya. Anda bisa membuka marketplace online course luar negeri sebagai refrensi.
  • Membuka kursus yang mendukung hobi. Anda punya hobi dan ingin mengajarkan orang lain? Seperti belajar gitar, belajar memasak atau belajar olah raga tertentu.

Tentukan cara menghasilkan uang di rumah versi Anda.

Tidak semua orang bisa menjalankan apa yang Anda jalankan, begitu juga sebaliknya. Mungkin Anda lebih cocok menjual produk orang lain dibanding produk sendiri.

Namanya juga berbisnis, apalagi jika masih baru dan belum ada pengalaman, maka perlu mencari kecocokan sampai akhirnya ketemu yang pas.

Pastikan apapun itu, sesuai dengan passion atau minat Anda.

Jika Anda punya pertanyaan atau pendapat lain tentang cara menghasilkan uang di rumah, silahkan berikan komentar dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This