Cara Promosi di Instagram Gratis dan Berbayar

Mei 28, 2019 | Bisnis Online, Media Sosial, Online Advertising

Instagram saat ini memang menjadi media promosi yang paling banyak digunakan, itu dikarenakan media sosial tersebut memiliki banyak pengguna. Tercatat 80% dari pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan Instagram, dan itu jumlahnya ratusan juta.

Jumlah tersebut tentunya membuat kegiatan promosi bisnis “pindah tempat”. Termasuk pelaku UKM yang memanfaatkan Instagram untuk menjangkau pasar. Pemilik bisnis bisa leluasa memasarkan produk dan layanannya tanpa dibebankan biaya produksi yang besar.

Walaupun dapat dengan bebas, kita perlu memperhatikan sumber daya yang dimiliki. Tentunya Anda tidak ingin kan update status berbulan bulan tapi tidak ada pembeli.

Namun, sebelum membahas beberapa cara promosi di Instagram yang efektif dan efisien lebih dalam. Anda perlu memahami kunci keberhasilan promosi di internet.

Cara Promosi di Instagram Berawal Dari Konten

Bill Gates, pendiri Microsoft, membuat sebuah essay di tahun 1996, berjudul “Content is King”. Sebuah prediksi Bill Gates mengenai perkembangan internet yang terbukti saat ini.

Ya, kuncinya ada pada konten. Coba Anda perhatikan akun akun Instagram dengan ribuan follower, sebagian besar adalah konten konten yang memikat. Maka perlu untuk mempelajari bagaimana membuat konten di Instagram sebelum melakukan promosi.

Setiap media sosial memiliki ciri khas konten. Elemen konten Instagram terdiri dari gambar/video, caption, dan hastag. Setiap elemen tersebut harus saling bekerja sama untuk membuat konten menarik.

Gunakan gambar atau video yang menarik dan nyaman dilihat. Mampu mengundang emosi follower seperti senang, lucu, penasaran, emosi, kesel, merenung dan sebagainya.

Gambar tersebut bisa berupa foto, grafis dan infografis. Jika menggunakan teks dalam gambar, pastikan teks tersebut nyaman dibaca.

Caption bisa digunakan untuk meneruskan maksud gambar dan memancing interaksi, bukan sekedar mengulang apa yang sudah gambar katakan.

Misalnya begini, Anda posting gambar tas rajut warna warni, kemudian captionnya “ini tas rajut warna warni”. Sebaiknya tidak begitu.

Gunakan caption yang meneruskan gambar, contoh Anda posting gambar eskrim coklat, captionya “enaknya dimakan pas kapan?”.

Hashtag memiliki fungsi untuk mengelompokan satu konten dengan konten lain dalam satu kategori atau tag.

Disebut hashtag karena menggunakan tanda hash (#) dan melakukan tag konten.

Tujuan penggunaannya agar konten bisa ditemukan ketika seseorang mencari menggunakan hashtag dan berpotensi menambah follower.

Penggunaan hashtag sebaiknya jangan terlalu banyak, apalagi dalam waktu singkat, Instagram akan mendeteksinya sebagai spam dan membuat engagement akun merosot.

Cukup gunakan tiga hashtag utama seperti nama brand, jenis produk, dan tag populer yg berkaitan dengan produk. Jika ingin menggunakan hashtag lainnya, post di kolom komentar 5 s.d 20 tag.

Itu tadi soal konten instagram yang perlu dipahami yang merupakan bagian dari cara promosi di Instagram.

Nah, sekarang baru kita masuk ke materi berikutnya.

Dua Cara Promosi: Gratis dan Berbayar

Ada banyak cara promosi di Instagram, agar mempermudah, cara cara tersebut dikelompokkan menjadi dua kategori, gratis dan berbayar.

Pertama, kita bahas yang gratis dulu.

Memang jika menggunakan gratisan hasilnya tidak secepat berbayar, namun tetap efektif jika dilakukan dengan fokus dan konsisten, terutama jika Anda belum memiliki modal yang cukup untuk promosi berbayar.

Berikut ini empat tips promosi di media sosial Instagram secara gratis:

  • Gunakan Akun Instagram Bisnis: Instagram sudah menyediakan fitur gratis bagi pemilik bisnis dan professional untuk mengoptimalkan aktivitas bisnisnya. Terutama dalam melihat laporan audience yang detail. Untuk menggunakan akun Instagram bisnis, Anda harus punya dan menautkan Halaman Facebook.
  • Sharing Dahulu, Selling Kemudian. Cara ini dipopulerkan oleh Kang Dewa “Selling” Prayoga, pemilik Billionaire Store. Kang Dewa menyarankan untuk kita yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi untuk memberikan edukasi dan informasi bermanfaat kepada follower dan menciptakan engagement atau relationship. Untuk aktivitas selling dilakukan sesekali, itu karena tujuan orang menggunakan media sosial adalah untuk bersosial, bukan membeli sesuatu.
  • Bangun Interaksi. Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, setiap konten yang dibuat harus bisa memancing interaksi baik like, comment, mengunjungi profil, atau apapun. Anda juga perlu membangun interaksi ke akun lain agar mereka tau Anda ada.

Kedua, yang berbayar.

Jika memiliki anggaran lebih, tidak ada salahnya mencoba cara promosi berbayar di Instagram. Walaupun berbayar, konten juga tetap harus kreatif dan menarik agar iklan memberikan dampak.

  • Promosikan Konten. Jika Anda menggunakan akun Instagram bisnis, maka akan ada fitur untuk beriklan di Instagram dan Facebook. Anda bisa menggunakan iklan untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan melakukan interaksi di postingan Anda. Biaya iklannya juga terjangkau, untuk hasil terbaik, cukup anggarkan Rp500.000/bulan. Tentunya semakin banyak maka akan semakin banyak pengguna yang dijangkau.
  • Kerjasama Dengan Influencer. Cara ini bisa dilakukan jika ingin menjangkau pengguna tertarget dengan biaya lebih murah. Influencer adalah akun dengan pengikut aktif yang siap membeli apapun yang digunakan oleh mereka. Anda juga bisa menggandeng microinfluencer yang memiliki jumllah follower 1.000 s.d 5.000. Namun pastikan influencer yang Anda gunakan memiliki follower yang aktif, bisa dilihat dari banyaknya like dan komentar yang relevan.
  • Buat Event Berhadiah. Beberapa pemilik bisnis pemula juga sering mengadakan event berhadiah, terutama yang sudah memilki follower diatas 500. Bisa berupa kuis dan giveaway dengan hadiah produk atau apapun yang bisa memancing ketertarikan. Misalnya spam like atau komen, yang terpilih berhak mendapatkan produk A.

Alat Bantu Promosi Instagram

Anda mungkin bertanya, bagaimana cara membuat konten atau mengelolanya ditengah kesibukan. Beberapa alat bantu berikut ini bisa digunakan untuk membuat konten dan mengelola akun instagram.

  • Later. Aplikasi ini membantu Anda untuk menjadwalkan dan posting otomastis konten Instagram Anda. Gratis untuk satu akun Instagram.
  • Canva. Aplikasi desain grafis yang sangat mudah digunakan untuk yang tidak bisa menggunakan software desain desktop. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone dan menyediakan banyak template untuk menghias konten Instagram Anda. Sebagian besar gratis, namun ada beberapa template dan stok grafis premium.
  • FilmoraGo. Jika ingin membuat video singkat hanya dengan smartphone, aplikasi ini bisa membantu Anda. Ada juga aplikasi lain yang bisa dicoba seperti Kine Master. Anda bisa bereksperimen sampai menemukan yang cocok. Gratis untuk beberapa tema dan efek video.
  • Focalmark. Temukan hashtag popular dengan menentukan topik dan lokasi sasaran audien. Hashtag dari aplikasi ini bisa membantu Anda mendapatkan follower dan interaksi. Penggunaannya gratis.
  • Virol. Aplikasi berbayar buatan developer Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mencari konten viral dan kemudian direpost dan dijadwalkan. Aplikasi ini menghemat waktu Anda dalam membuat konten, karena cukup melakukan repost.

Tentukan Cara Promosi di Instagram Versi Anda

Berbagai cara diatas bisa Anda lakukan baik sekaligus maupun bertahap tergantung pada kondisi bisnis. Intinya adalah bagaimana membuat konten sebaik mungkin dan disukai oleh target pasar.

Agar disukai, maka konten tersebut harus memancing respon emosional pembaca. Anda bisa mempelajari teknik copywriting untuk memantapkan konten konten yang dibuat.

Promosi di media sosial butuh keseriusan dan konsistensi agar audien tau keberadaan Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat lain tentang cara promosi di Instagram silahkan isi kolom komentar dibawah.

Pin It on Pinterest

Share This