Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang? Tentu Bisa

Mei 24, 2019 | Bisnis Online

Seperti yang mungkin Anda ketahui, tidak adanya modal uang yang banyak bukanlah penghambat kita untuk memulai berbisnis. Banyak cara yang bisa kita lakukan, salah satunya menjual produk atau jasa di Internet.

Melalui internet juga, banyak biaya yang bisa kita pangkas. Apalagi jika bisa memilih platform yang tepat. Begitu juga teknik promosi, tidak perlu mengeluarkan biaya cetak, cukup bermodalkan aplikasi desain di smartphone, kemudian bagikan ke media sosial.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana mulai jualan online tanpa modal dan stok barang, silahkan baca panduan berikut sampai selesai.

Mulai Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Jika Anda memiliki waktu lebih, saya sarankan setelah membaca artikel ini, silahkan baca Cara Menghasilkan Uang di Rumah Dengan Modal Minim untuk menambah ide bisnis Anda.

Sebagaimana memulai bisnis pada umumnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan ketika mulai jualan online.

Tentukan Model Bisnis

Ada dua bentuk bisnis online yang bisa Anda jalankan sesegera mungkin, yaitu Dropship dan Affiliate.

Dropship hampir sama dengan menjadi reseller, namun disini Anda tidak perlu menyediakan stok barang. Biasaya penyedia produk dropship memberikan pelatihan dan bahan promosi agar bisa berjualan.

Cara kerjanya, Anda memasarkan produk ke teman teman, ketika ada yang melakukan pembelian, Anda meneruskannya ke supplier, kemudian supplier akan mengirimkan produk tersebut menggunakan nama Anda.

Berbeda dengan Affiliate, disini cukup mempromosikan produk atau layanan jasa di website atau media sosial, ketika ada yang klik link yang Anda sediakan, dan melakukan pembelian di tempat yang direkomendasikan, pihak supplier akan memberikan komisi kepada Anda.

Siapkan “Tempat” Berjualan

Tempat disini adalah tempat dimana calon konsumen bisa mendapatkan informasi produk bahkan melakukan pembelian secara langsung.

Tempat tersebut bisa berupa website yang Anda buat secara gratis (menggunakan blogspot.com atau wordpress.com) atau menggunakan jasa pembuatan website, atau bisa dengan hanya menggunakan media sosial sebagai tempat Anda berjualan.

Sebagaimana sebuah tempat fisik, ada tiga jenis tempat di media online. Pertama adalah media yang Anda miliki dan bisa kendalikan sendiri seperti: website dan blog. Kedua, media yang Anda miliki tapi tidak bisa dikendalikan seperti: media sosial, Ketiga media yang tidak Anda miliki tapi bisa dikendalikan seperti jaringan microinfluencer.

Buat Promosi Menarik

Melalui tempat tersebut, Anda bisa melakukan promosi dengan teknik pemasaran online yang banyak digunakan oleh pebisnis online lainnya seperti SEO dan SMO untuk yang gratis atau bisa gunakan Google Ads atau Facebook Ads untuk yang berbayar.

Jika Anda menggunakan website sebagai tempat berjualan, maka promosi menggunakan teknik SEO dan Google Ads adalah pilihan yang tepat. Jika menggunakan media sosial, maka promosi menggunakan SMO dan Facebook Ads merupakan pilihan yang tepat.

Kumpulkan Database

Para pembeli, calon pembeli atau mereka yang tidak jadi beli selalu meninggalkan data, baik berupa no. telpon, alamat email atau akun media sosial. Data tersebut bisa dikumpulkan dan nantinya digunakan untuk mempromosikan kembali produk atau layanan Anda.

Untuk mereka yang sudah membeli, Anda bisa menginformasikan produk lainnya yang bisa mereka beli.

Untuk para calon pembeli, tentunya mengajak mereka untuk membeli produk Anda.

Bagi mereka yang tidak jadi beli atau sekedar tanya, jangan sedih, terus follow up mereka dengan promosi yang menarik sehingga akhirnya mereka membeli sesuatu dari Anda.

Jalin Hubungan

Aktivitas bisnis tidak hanya berkutat pada menjualan, menjalin relasi dengan konsumen juga tidak kalah penting. Karena mendapatkan penjualan dari konsumen lama lebih mudah dibanding mendapatkan pelanggan baru.

Cara menjalin hubungan adalah melalui database yang Anda miliki. Gunakan email dan no. hp yang sudah Anda kumpulkan. Platform email newsletter seperti Kirim.Email, Mailchimp atau Mailerlite untuk membantu mengirim ke banyak email.

Menjalin hubungan dengan konsumen juga bisa dilakukan melalui media sosial, semakin aktif media sosial yang dimiliki maka peluang keterlihatan Anda di media sosial semakin besar. Otomatis akan membuat bisnis semakin dikenal.

Jika Anda mampu menjalin komunikasi dengan baik kepada konsumen, maka akan ada peluang untuk terjadinya penjualan atau mereka merefrensikan Anda.

Satu Lagi Tips Terakhir Cara Jualan Online Tanpa Modal

Banyak pelaku dropshiper atau affiliate marketer melupakan hal terpenting dalam melakukan aktivitas penjualan. Mereka hanya memasarkan produk milik orang lain tapi lupa memasarkan dirinya.

Jadi begini, jika Anda menjual produk yang sama dengan penjual lain, aka nada potensi perang harga atau perang bonus antar pelaku bisnis. Tentu itu kurang menyehatkan secara jangka panjang.

Fokus Anda adalah membangun bisnis, maka tentukan kira kira, apa yang mengharuskan mereka membeli produk tersebut di tempat Anda, bukan di tempat yang lain.

Seperti contohnya Hypermart dan Transmart, sama sama menjual produk Unilever, apa yang membuat Anda membeli disalah satu tempat tersebut? Kemungkinan perang harga sangat kecil, maka dua supermarket tersebut berupaya membuat konsumen betah berbelanja ditempat mereka.

Jadi silahkan mulai rencakan dan jalankan, kira kira bisnis apa yang ingin Anda jalankan.

Jika ada pertanyaan terkain jualan online tanpa modal dan stok barang, silahkan beri komentar dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This