Affiliate marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang umum digunakan dalam memasarkan produk di Internet. Dalam memasarkan produk di internet, kita membutuhkan saluran distribusi atau perpanjangan tangan agar produk yang kita buat bisa sampai ke konsumen.

Dari sisi pemilik bisnis online, affiliate marketing bisa menjadi teknik pemasaran yang ampuh, karena bisa memiliki ribuan tenaga penjual yang dibayar berdasarkan penjualan.

Sedangkan dari sisi pemasar, affiliate marketing adalah cara yang sangat mudah bahkan tanpa modal jika kita tau ilmunya. Bermodalkan konten, kita merekomendasikan produk tersebut melalui link khusus yang bisa melacak sumber link.

Cara kerja affiliate marketing adalah Anda merefrensikan produk atau jasa orang lain dan mendapatkan komisi dari hasil penjualannya.

Hasil pembagian hasil penjualan affiliasi beragam, 10% s.d 25% tergantung kebijakan perusahaan yang mengadakan. Umumnya komisis affiliasi 15%.

Jika Anda sebagai pemilik bisnis dan ingin menggunakan sistem affiliasi, Anda bisa membuat sebuah website yang memiliki fasilitas pendaftaran affiliate marketer. Anda cukup sediakan link, materi promosi dan sistem pembagian komisi.

Jika Anda ingin menjadi seorang pemasar affiliasi, Anda bisa mencari pemilik produk yang memiliki fasilitas untuk menjalankan kegiatan tersebut.

Jika ada pertanyaan atau pendapat lain terkait affiliate marketing, silahkan komentar dibawah ya.

Pin It on Pinterest

Share This