Teknik Pemasaran Online Untuk UKM

Mei 22, 2019 | Bisnis Online

Memasarkan produk atau jasa di internet akan sangat membantu Anda meningkatkan penjualan.

Selain anggaran pemasaran yang lebih rendah, penggunaan internet akan mempermudah proses bisnis menjadi lebih efisien, sehingga aktivitas pemasaran berjalan efektif.

Sebelum saya menjelaskan mengenai teknik pemasaran online, ada baiknya Anda memahami perbedaan strategi dan teknik pemasaran.

Ini penting agar Anda tidak salah langkah dalam mengelola aktivitas pemasaran di internet.

Strategi pemasaran online bertujuan untuk memberikan gambaran besar kepada siapa, apa dan bagaimana pemasaran dilakukan.

Teknik pemasaran di internet bertujuan untuk membedakan Anda dibanding pesaing dari sisi produk, penentuan harga, pemilihan tempat berjualan dan mempromosikan produk di media online.

Sebagai contoh, Anda ingin menjual baju muslim. Maka strategi yg harus dirumuskan diantaranya adalah:

  • Siapa yang membutuhkan dan menginginkan produk tersebut?
  • Seberapa besar pangsa pasar produk tersebut?
  • Apa yang membuat produk Anda berbeda dari yang sudah ada?
  • Bagaimana cara konsumen memahami produk Anda?
  • Bagaimana persepsi konsumen terhadap produk Anda?

Banyak lagi poin poin yang perlu dirumuskan, namun lima poin tersebut sudah bisa mewakili keseluruhan strategi.

Jika bisa merumuskan strategi tersebut, maka dengan mudah Anda bisa menjalankan semua teknik internet marketing.

Seperti dalam membuat konten di Instagram, Anda perlu tau target audien, konten yang disukai, keunikan konten, respon audien terhadap konten, persepsi audien terhadap konten.

Hampir sama bukan?

Itu karena strategi merupakan pondasi awal atau gambaran besar akan bisnis Anda. Teknik bisa diubah dan berlaku jangka pendek menyesuaikan kondisi. Strategi jangka panjang dan untuk mengubahnya akan mengubah teknik kembali.

Teknik Pemasaran Online Yang Banyak Digunakan

Setelah Anda bisa merumuskan strateginya, maka berikut ini teknik pemasaran online yang paling banyak digunakan saat ini berdasarkan:

Mendatangkan Traffic

Beberapa cara berikut ini dapat dipelajari untuk mendatangkan konsumen ke “tempat” Anda berjualan. Tempat tersebut bisa berupa website, marketplace atau media sosial.

  • SEO: Teknik yang membuat konten website Anda berada di halaman pertama mesin pencari (Google) dengan kata kunci tertentu. Dengan berapa dihalaman satu, terutama urutan pertama, memberikan peluang besar adanya kunjungan.
  • Google Ads: Teknik ini membuat website Anda berapa dihalaman pertama paling atas berdasarkan kata kunci tertentu, bedanya, ada biaya iklan yang harus dikeluarkan. Untuk hasil minimal, anggaran iklannya Rp500.000/bulan. Lebih dari itu, peluang kunjungan semakin besar.
  • Facebook Ads: Iklan Anda akan muncul di Facebook, Instagram dan situs yang bekerja sama dengan Facebook. Untuk hasil minimal, anggaran iklannya Rp500.000/bulan, lebih dari itu, iklan akan dilihat oleh banyak orang.

Menciptakan Konversi

Agar bisa menciptakan penjualan, maka Anda harus memiliki salesman. Di Internet, salesman Anda adalah konten. Konten yang menjual. Maka agar bisa membuat konten tersebut, Anda bisa mempelajari dua hal ini:

  • Copywriting: Sebuah teknik kuno yang sudah ada sebelum munculnya Internet. Teknik menyusun kata demi kata menjadi sebuah kalimat persuasif yang powerfull. Teknik ini biasa diterapkan dalam iklan, newsletter dan sales latter yang bertujuan untuk mengajak audien melakukan sesuatu, misalnya membeli produk Anda.
  • Komunikasi Visual: Sama seperti copywriting, bertujuan untuk mempengaruhi audien, namun dalam bentuk visual, seperti grafis dan video.

Menjalin Hubungan

Pemasaran tidak hanya berfokus pada penjualan langsung, seperti menciptakan konversi. Ada hal lain yang perlu dilakukan agar penjualan terus ada tanpa Anda harus menjual. Yaitu membuat mereka membeli kembali atau merefrensikan produk Anda.

Agar hal itu terjadi, maka Anda harus menjalin komunikasi yang erat dengan konsumen, sehingga mereka merasa dekat dan memunculkan ikatan emosi dengan produk Anda.

Berikut ini beberapa teknik yang bisa Anda lakukan:

  • Social Media Marketing: Media sosial yang dikelola dengan baik akan menjadi wadah yang luar biasa, selain bisa menjalin hubungan dengan konsumen, konsumen yang puas bisa merefrensikan dengan mudah akun Anda melalui akun pribadinya baik dengan share, regram, retweet dan sebagainya.
  • Blog Content: Dengan adanya blog, konsumen Anda berpeluang menghabiskan waktu untuk mengonsumsi informasi yang tentunya berguna bagi mereka. Melalui blog juga mereka dapat berinteraksi dengan Anda melalui kolom komentar atau diskusi.
  • Email Marketing: Jika blog dan media sosial adalah wadah publik, maka pemasaran melalui email bersifat pribadi. Anda dan konsumen bisa saling bertukar informasi khusus dan juga penawaran penawaran baru. Kelebihannya adalah, jika terjadi sesuatu dengan website atau media sosial Anda, masih ada daftar email yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Apakah Anda sudah menentukan teknik pemasaran online yang cocok?

Selain yang saya sampaikan, masih banyak teknik teknik pemasaran lainnya yang bisa Anda terapkan. Saran saya fokuslah pada satu teknik sehingga Anda menjadi ahli disana, atau jika memiliki tim, biarkan mereka fokus di satu teknik sampai jago, setelah itu pelajari teknik lainnya.

Jika Anda masih pemula di internet marketing kemudian harus mempelajari semua teknik, nanti jadinya bingung sendiri. 😀

Maka pilih satu dan jadi ahli disana, jika sudah, baru belajar yang lain.

Jika ada pertanyaan atau pendapat lain mengenai strategi dan teknik pemasaran online, silahkan isi komentar dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This