Tips Marketing di Media Sosial

Jun 10, 2019 | Bisnis Online, Media Sosial

Ketika memutuskan untuk berjualan di media sosial, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan pemasaran berjalan dengan baik.

Mungkin Anda menyadari, ketika menggunakan media sosial, tujuan pertama kali adalah bersosial, saling berkomunikasi menjalin hubungan pertemanan tanpa “modus” diantara kita, ya kan?

Namun tak bisa dipungkiri diantara pertemanan ada peluang transaksi, namun tidak serta merta seluruh percakapan di dominasi oleh aktivitas penjualan.

Tentunya teman kita pun akan risih walaupun produknya sangat bagus.

Ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan dan jangan dilakukan ketika menggunakan media sosial sebagai alat promosi.

Harus Dilakukan

Ada banyak hal yang harus dilakukan ketika menggunakan media sosial untuk berjualan, seperti Facebook, Instagram ataupun Youtube.

Disini saya akan bagikan tiga tips yang sebaiknya Anda segera lakukan setelah membaca artikel ini.

Pertama, Keep It Short.

Media sosial merupakan tempat yang ramai, setiap pengguna memiliki kuasa di jari mereka untuk “scrooling” yang seolah tanpa batas namun dibatasi oleh aktivitas lain yang harus dilakukan.

Kondisi seperti itu membuat mereka tidak bisa berlama lama untuk diam dalam satu konten, apalagi jika konten tersebut tidak menarik.

Maka tantangan bagi Anda untuk membuat konten singkat dan menarik yang mengundang interaksi seperti like, komen atau share.

Kedua, Posting Rutin

Konten bagus masih belum cukup, buatlah rutin. Rutin disini bisa sehari tiga kali, sehari sekali, seminggu tiga kali bahkan satu minggu sekali.

Intinya keep posting, jangan sampai satu minggu tidak ada postingan, karena akan menurunkan keterlihatan Anda.

Semakin banyak postingnya, tentu brand Anda semakin terlihat aktif. Orang orang juga tidak perlu bertanya apakah Anda masih menjalankan bisnis karena mereka terus mendapatkan informasi dari Brand Anda.

Ketiga, Konten Baru

Walaupun Anda bukan Steve jobs, namun setidaknya coba untuk membuat konten menjadi terasa baru, karena jia sekedar repost atau reshare, mungkin market Anda sudah melihatnya.

Tidak harus benar benar baru jika Anda belum mampu membuat konten sendiri, cukup modifikasi konten yang sudah ada. Seperti menggunakan memes untuk bisnis Anda.

Namun jika Anda bisa membuat konten baru, itu lebih baik.

Hindari Aktvitas Ini

Ada yang harus Anda lakukan, ada yang sebaiknya tidak dilakukan. Berikut ini tiga hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika memasarkan brand di media sosial.

Pertama, Sering Jualan

“Lho, tips memasarkan kok jangan sering jualan?” ya, karena jualan hanya sebagian kecil dari aktivitas pemasaran, bisa dikatakan 20% pemasaran adalah penjualan. 80%-nya membuat konsumen Anda butuh dan ingin membeli.

Siapa yang ingin dijualin? mungkin ketika Anda didatangin sales muncul rasa risih. Namun bagaimana jika seseorang datang kepada Anda untuk bertanya atau menginformasikan sesuatu tanpa harus mengeluarkan isi dompet? Ya, kurang lebih seperti itu 80% dari pemasaran.

Maka, gunakan media sosial untuk mengedukasi pasar, sehingga mereka merasa butuh dan ingin membeli produk Anda.

Kedua, Jangan Spam

Rutin membuat konten bagus, namun jangan terlalu banyak dan monoton sehingga mengganggu follower Anda. Seperti memposting 10 testimoni dalam satu waktu, tentunya itu akan membuat risih mereka.

Berikan jarak waktu untuk setiap konten, dan pastikan konten memiliki variasi atau pola tertentu, bisa bergantian atau berdasarkan hari.

Anda bisa pelajari grid instagram jika ingin membuat konten-konten Anda berpola.

Ketiga, Hindari Politik Praktis

Ya, bagi sebuah organisasi bisnis, ikut dalam politik praktif bisa berdampak baik atau buruk, apalagi membuat statement yang mengundang kontroversi.

Sebagai individu Anda bebas berpolitik, menentukan pilihan dan membuat statemen, namun bagi bisnis, sebaiknya hindari karena resikonya.

Namun jika Anda memiliki strategi untuk mengembalikan nama bisnis Anda setelah berpolitik, boleh dicoba.

Nah, itu tips yang sebaiknya dilakukan dan jangan dilakukan di media sosial. Jika ada pertanyaan atau pendapat lain tentang tips marketing di media sosial, silahkan kirim komentar dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This