Tools Instagram Gratis Untuk Binis Online

Mei 30, 2019 | Bisnis Online, Media Sosial

Agar bisa melakukan aktivitas pemasaran dengan mudah di Instagram, Anda mungkin perlu beberapa tools instagram gratis yang akan saya jabarkan disini.

Sebelumnya, jika baru pertama kali mencoba memasarkan produk melalui Instagram atau media sosial, mungkin Anda perlu tau hal ini.

Dalam mengelola media sosial, ada tiga aktivitas utama, yaitu publishing, listening dan reporting.

Publishing berkaitan dengan pembuatan dan penerbitan konten. Bagaimana cara membuat konten menarik dan mempublikasikannya di waktu yang tepat.

Listening dalam mengelola media sosial adalah bagaimana respon sasaran audien dengan konten. Anda perlu mengatahui pembicaraan mereka tentang konten tersebut.

Terakhir adalah reporting, dimana setelah konten dibuat dan memunculkan respon, saatnya Anda membaca laporan dari aktivitas marketing. Instagram sudah menyediakan statistik dari setiap konten yang dibuat, dari sana Anda bisa mempelajari bagaimana keberhasilan konten tersebut dan mengevaluasi untuk bahan konten berikutnya.

Untuk melakukan tiga hal tersebut, mungkin akan memerlukan banyak waktu, beruntung saat ini banyak developer telah membuat tools instagram gratis yang bisa membantu Anda mengelolanya dengan lebih baik dan cepat.

Beberapa Rekomendasi Tools Instagram Gratis

Agar lebih mudah memahami, saya membagi kegiatan publishing menjadi pembuatan konten dan manajemen konten. Kemudian listening dan reporting menjadi satu bagian.

Tools Membuat Konten

Beberapa tools berikut ini membantu Anda membuat konten. Instagram sendiri sudah menyediakan fitur pembuatan konten namun terbatas pada filtering foto saja. Jika Anda ingin membuat konten lebih kreatif, mungkin bisa mencoba aplikasi berikut ini:

  • Canva: Aplikasi desain grafis di smartphone ini bisa digunakan untuk Anda yang awam tentang desain, karena sudah disediakan banyak template gratis. Anda tinggal mencarinya di PlayStore atau AppStore.
  • FilmoraGo: Aplikasi editing video melalui smartphone bagi yang mau berkreasi lebih dengan konten. Sebenarnya banyak aplikasi lain untuk membuat video seperti KineMaster atau Viva Video, namun saya pribadi lebih menyukai FilmoraGo karena fiturnya sederhana dan cukup untuk memenuhi kebutuhan konten.
  • Focalmark: Aplikasi yang membantu Anda menemukan hashtag populer. Dengan menggunakan hashtag dari FocalMark, interaksi konten akan meningkat, seperti like, komen atau follow. Selain Focalmark, ada aplikasi seperti Hastagfy, All-Hastag dan banyak lagi yang bisa Anda temukan di Playstore, namun untuk segi userinterface, saya lebih suka Focalmark.

Tools Manajemen Konten

Setelah Anda membuat konten, tentunya perlu dipublikasikan. Idealnya, konten Instagram di update setiap hari, namun tentunya Anda masih memiliki aktivitas lain kan? Seperti mengurus bisnis misalkan. Maka Anda bisa luangkan waktu satu sampai dua jam dalam satu minggu untuk menjadwalkan.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa dicoba untuk menjadwalkan konten.

  • Later: Aplikasi cukup bagus bagi Anda yang tidak ingin repot untuk publikasi konten, karena sampai saat ini, hanya aplikasi ini yang bisa secara otomatis memposting konten yang telah dijadwalkan. Selain itu, melalui Later, Anda bisa menyusun grid konten Instagram yang akan dijadwalkan.
  • Hotsuit: Aplikasi ini cukup terkenal dikalangan sosial media manager. Selain instagram, Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk posting otomatis di beberapa akun Facebook dan Twitter. Hotsuit juga mengumpulkan respon dari konten yang Anda buat, sehingga Anda bisa berinteraksi melalui aplikasi tersebut.
  • Buffer: Bisa saya katakan, bahwa Buffer menggabungkan keduanya, walaupun tidak semua fitur diadaptasi. Buffer memiliki interface yang baik dan ringan, serta mudah untuk digunakan. Anda bisa menjadwalkan konten namun hanya sebagai reminder, ketika sudah waktunya posting, maka Buffer akan meberikan notifikasi untuk melakukan posting.

Tools Analisis Konten

Beberapa tools manajemen konten seperti Later, Hotsuit dan Buffer sudah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk menganalisis keberhasilan konten.

Namun untuk hasil yang lebih cepat dan akurat, tentunya bisa dilakukan melalui fitur yang sudah dimiliki Instagram, yaitu Instagram Insight. Terutama jika Anda hanya mengelola satu sampai lima akun.

Instagram Insight tersedia di akun bisnis. Dari sana Anda bisa melihat jumlah yang melihat dan interaksi setiap konten baik yang berupa postingan di linimasa atau stories.

Jika memiliki banyak akun, maka aplikasi seperti Later, Hostsuit dan Buffer bisa Anda coba.

Cara Memilih Tools Instagram Gratis Yang Cocok

Banyaknya aplikasi jangan sampai membuat Anda bingung. Intinya gunakanlah aplikasi yang mempermudah aktivitas pengelolaan media sosial, yaitu publishing, listening dan reporting.

Aplikasi seperti Later, Hotsuit dan Buffer menyediakan fitur fitur yang dapat membantu tiga aktivitas tersebut. Anda tingga memilih yang sekiranya mudah Anda pelajari.

Khusus untuk pembuatan konten, tools instagram gratis seperti Canva, FilmoraGo dan Focalmark adalah aplikasi wajib di Smartphone Anda.

Jika Anda punya pertanyaan atau pendapat lain tentang pengelolaan instagram, silahkan komentar dibawah.

Pin It on Pinterest

Share This