Tujuan Pembuatan Website: 5 Ini Yang Banyak Dipilih

Mei 21, 2019 | Bisnis Online

Sebuah survey yang dilakukan oleh Martin Bauer mengungkapkan bahwa tujuan pembuatan website paling banyak adalah memberikan informasi kepada klien atau pelanggan potensial dan mempromosikan serta memasarkan layanan sebuah organisasi.

Selain dua hal tersebut, ada beberapa hal lain yang akan saya ungkapkan agar Anda bisa menentukan tujuan dari pembuatan website.

Tujuan Pembuatan Website Secara Umum

Masih berdasarkan survey yang dilakukan Martin Bauer, selain dua hal yang saya sebutkan sebelumnya, tujuan dibuatnya sebuah situs adalah agar pelanggan dapat berinteraksi dengan brand, memudahkan akses layanan, dan menjual produk atau jasa.

hasil survey tujuan membuat website martin bauer

Hasil Survey Martin Bauer

Website adalah sebuah sistem, sistem yang dibuat berdasarkan tujuan. Tujuan tersebut tidak selalu berkaitan dengan penjualan secara langsung.

Anda bisa membuat sebuah website yang bertujuan untuk memberikan informasi penting kepada calon pelanggan.

Hal tersebut akan membangun interaksi lebih sering jika website Anda memang bermanfaat bagi mereka.

Cara memutuskan tujuan yang terbaik adalah dengan menyesuaikan bisnis dan strategi pemasaran Anda.

Beberapa jenis website berikut ini memiliki tujuan yang beragam berdasarkan bentuknya:

Tujuan Website Sekolah

Sekolah memiliki informasi yang harus disampaikan kepada siswa, orang tua atua wali dan masyarakat. Informasi tersebut bisa berupa pengumuman internal, pencapaian prestasi siswa didik, dan sebagainya. Tentunya tujuan utama dari dibuatnya website sekolah adalah sebagai sumber informasi resmi.

Tujuan Website Pemerintah

Pemerintah tentunya memiliki program dan kebijakan yang harus disampaikan kepada masyarakat dan masyarakat dapat mengaksesnya dengan mudah. Bahkan agar masyarakat bisa berinteraksi di situs pemerintahan dan menandakan pemerintahan tersebut terbuka dengan kritik dan saran warganya.

Tujuan utama dari dibuatnya website pemerintah adalah sebagai wadah interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Sedangkan tujuan lainnya adlah kemudahan masyarakat dalam mengakses pelayanan masyarakat yang dimiliki pemerintahan setempat.

Tujuan Website Perusahaan atau Bisnis

Sepertinya kalau ini sudah tertebaknya ya? Namun jangan salah menentukan, tidak semua perusahaan atau bisnis tujuan dibuatnya website adalah untuk menjual produk atau jasa.

Perusahaan atau bisnis juga membutuhkan media interaksi antara konsumen dan brand sehingga terjalinnya ikatan emosional.

Walaupun sudah ada media sosial yang bisa melakukannya, Anda juga membutuhkan tempat sendiri untuk menjalin interaksi tersebut.

Cukup kompleks jika ingin menentukan tujuan untuk website bisnis, namun kriteria ini semoga bisa membantu:

  • Bisnis kecil, berikan informasi kepada konsumen tentang produk
  • Bisnis menengah, meningkatkan interaksi di situs.
  • Bsinis besar, membuat penjualan

Tujuan tersebut tidak baku, Anda bisa menentukannya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa konsultasi ke developer atau jasa pembuatan website professional. Umumnya mereka bisa memberikan saran tentang tujuan website yang terbaik untuk Anda.

Tujuan Website Pribadi

Bagi Anda yang ingin menjadi blogger, freelancer atau microinfluencer, maka tugas Anda disini tentunya memberikan informasi kepada penggemar Anda.

Selain itu, website yang Anda miliki haruslah mengundang mereka untuk berinteraksi disitus tersebut dan betah berlama lama.

Maka tujuan dibuatnya website pribadi adalah interaksi.

Tujuan Website Organisasi / Komunitas

Organisasi dan komunitas memiliki tujuan yang hampir sama dengan sekolah, dimana sasaran komunikasinya adalah masyarakat dan anggotanya.

Jadi organisasi atau komunitas juga penting menentukan tujuan dibuatnya website, agar website tersebut tidak menganggur karena biasanya bingung harus diapakan. Ya kan?

Tujuannya yang kurang lebih cocok adalah mengomunikasikan layanan dan pencapaian organisasi serta kegiatannnya.

Jadi, sudah tentukan tujuan pembuatan website?

Jika disimpulkan, tujuan website adalah memberikan informasi, memasarkan layanan, menjalin interaksi, memudahkan akses dan melakukan penjualan.

Selain lima hal tersebut, masih banyak tujuan yang bisa Anda tentukan sendiri, namun lima hal tersebut bisa menjadi patokan.

Paling baik adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis, organisasi atau pribadi Anda.

Jika ada pertanyaan atau pendapat lain tentang tujuan pembuatan website, silakan beri komentar dibawah.

Pin It on Pinterest

Share This